Gebyar Makan Durian Bantan

Pangannews.id

Senin, 27 Juni 2022 07:43 WIB

news
Foto : Kegiatan Gebyar Makan Durian Bantan di Desa Berancah Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Prov Riau.

PanganNews.id Riau - Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau terkenal sebagai penghasil durian yang cukup terkenal lengendaris bagi masyarakat Riau. Bagi mereka yang pernah mencicipi nikmatnya durian Bengkalis tak khayal saat musim durian akan rela datang ke kota Bengkalis untuk berburu durian.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan gebyar makan durian Bantan di Desa Berancah Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis pada Minggu (26/06/2022) 

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau, Wakil Bupati Bengkalis, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Riau,  Kepala BPTP Riau, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi dan Kab Bengkalis, dan Perwakilan Dirjen Holtikultura Kementan. 

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menyampaikan bahwa gebyar makan durian yang dilaksanakan di Desa Berancah tahun ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

"Kami selaku Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan ini dan berharap dapat menjadi salah satu agenda tahunan sebagai wisata kuliner yang dapat menarik wisatawan ke Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis," ungkapnya.

Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Desa Berancah dan desa lain yang terus mempertahankan kebun durian.

"Orang Bengkalis sudah ahli dengan durian. Buah durian tak boleh hilang dari bumi Bengkalis. Kita tak boleh latah ingin menanam durian jenis luar, namun harus pertahankan durian lokal. Itulah yang harus dikembangkan," ajak Gubri.

Di kesempatan itu Gubri Syamsuar turut menyerahkan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau berupa alat mesin pertanian (Alsintan), 3.000 batang benih durian serta sarana produksi untuk 3 gapoktan dan bantuan bahan sarana pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT) tanaman durian. Dilanjutkan uji coba inovasi alat pembuka durian dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau dan penanaman bibit durian. 

Pada acara ini juga dilaksanakan kontes durian lokal untuk mencari durian terbaik yang ada di Kecamatan Bantan. Tim juri penilai berasal dari BPTP Riau, BRIN, BPSB, Perwakilan Dirjen Horti, UIN Suska Riau dan Dinas Pertanian Kab Bengkalis. Sebanyak 60 durian dari beberapa desa di Kab Bengkalis mengikuti kontes ini.

Beberapa kriteria penilaian yaitu tmpilan (performa buah), ketebalan kulit, warna daging buah, kelezatan rasa serta tekstur daging buah. Tim juri yang diketuai oleh Kepala BPTP Riau memutuskan pemenang kontes durian untuk juara 1 diberikan kepada durian Bakul Desa Pasira (pemilik Husaini), Juara 2 Durian Kesep Jambu Desa Berancah (pemilik Doni) dan Juara 3 Durian Khasan Desa Selat Baru (pemilik Khasan).

Dr. Shannora Yuliasari pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa BPTP Riau sedang mengkarakterisasi durian lokal yang nantinya akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan tanda daftar 

Menurut Kepala BPTP Riau Dr. Shannora Yuliasari saat mengumumkan pemenang kontes terdapat 10 durian terbaik hasil keputusan juri akan ditindaklanjuti untuk dikarakterisasi dan diajukan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman untuk mendapatkan tanda daftar varietas sehingga bisa diperbanyak untuk mempertahankan populasinya dan menjadi SDG lokal Kabupaten Bengkalis.


Kolom Komentar

You must login to comment...