Mahasiswa Pertanian Universitas Andalas Magang Smart Farming Di Bapeltan Dan Faperta UNAND

Pangannews.id

Kamis, 07 Juli 2022 07:35 WIB

news
Foto : Kegiatan Magang Mahasiswa di BAPELTAN Jambi.

PanganNews.id Jambi - Balai Pelatihan Pertanian Jambi menerima mahasiswa magang dari fakultas Pertanian prodi Agroteknologi Universitas Andalas padang. Magang merupakan kegiatan yang amat penting bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menambah pengalaman, memahami seluk beluk dunia kerja, dan juga sebagai sarana untuk menambah relasi. Ahmad Nauval, Ahmad Rian, dan Dinda Putri merupakan mahasiswa semester 4 yang mengikuti kegiatan magang di BAPELTAN Jambi mulai dari tanggal 4 Juli hingga 19 Agustus 2022. Mahasiswa yang melakukan magang memilih fokus kegiatan yang berbeda yaitu dua orang mengambil magang dalam bidang kultur jaringan yang borfokus pada pembibitan jamur tiram dan satu orang mengambil budidaya tanaman hortikultura dengan metode smart farming. 

Berdasarkan penuturan salah satu mahasiswa pemliihan BAPELTAN Jambi sebagi tempat magang di karnakan kondis tempat yang dekat dengan rumah serta memiliki kajian ilmu yang luas.Awalnya ketiga mahasiswa tersebut memilih bidang yang berbeda namun setelah mendapatkan pemaparan terkait kondisi di lapangan akhirnya mereka memilih kajian ilmu yang menurut mereka sesuai dengan kemampuan mereka.Kegiatan awal yang di lakukan ketiga mahasiswa tersebut di mulai dari observasi tempat.Dari kegitan tersebut diketahui BAPELTAN Jambi memiliki luas kurang lebih 21 Ha dengan komoditas terbesar adalah sawit di susul dengan karet sebagai komoditas terbesar kedua.Kemudian hari hari berikutnya mereka melaksanakan kegitan sesuai bidangnya masing masing seperti rian dan naufal yang berada di lab kultur jaringan dan dinda yang berada di green house,tak hanya itu di sela sela kegiatan mereka,ketiga mahasiswa tersebut juga turut membantu pekerjaan yang di lakukan karyawan disana.Jadi selain menimba ilmu pengetahuan mereka juga mendapat pengetahuan akan dunia kerja dan hal yang bermanfaat lainnya.

Kegiatan magang yang dilakukan satu bulan lebih ini diharapkan dapat mmemberikan manfaat dan ilmu yang banyak bagi mahasiswa magang yang terjun di lapangan, terkhususnya wawasan mengenai pembudidayaan tanaman. Pelaksanaan magang yang dilakukan mahasiswa pertanian Unand di BAPELTAN Jambi akan menjadi pengalaman terbaik. 


Kolom Komentar

You must login to comment...