BPTP Riau Ekspose Hasil Kegiatan Pemurnian dan Perbaikan Karakter Padi Gogo Spesifik Lokasi Provinsi Riau

Pangannews.id

Jumat, 05 Agustus 2022 11:48 WIB

news
Foto : Kegiatan Ekspose Hasil Kegiatan Kerjasama Pemurnian dan Perbaikan Karakter Padi Gogo Spesifik Lokasi Provinsi Riau.

PanganNews.id Riau - BPTP Riau melaksankan kegiatan Ekspose Hasil Kegiatan Pemurnian dan Perbaikan Karakter Padi Gogo Spesifik Lokasi Provinsi Riau yang dirangkai dengan tanam Bersama Gubernur Riau, Kamis (4/8/2022). Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Riau (Drs. H. Syamsuar, M.Si), Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau (Ir. Syahfalefi, M.Si), Kepala BPTP Riau (Dr. Shannora Yuliasari, STP., MP), mantan Gubernur Riau (Wan Abubakar), Kepala Dinas Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan Kepala UPT lingkup DPTPH Prov Riau.

Varietas yang ditanam adalah padi gogo spesifik Riau yaitu Napal Merah, Napal Putih, Padi Kuok, Sikuning, Sisungke, Siperak, dan Kalpatali. Penanaman di lokasi BBI ini juga sebagai salah satu bentuk dari kegiatan Uji Multi Lokasi Padi Gogo Spesifik Riau selain dilakukan pada 6 lokasi di Provinsi Riau.

Selanjutnya digelar kegiatan Ekspose Hasil Kegiatan Kerjasama Pemurnian dan Perbaikan Karakter Padi Gogo Spesifik Lokasi Provinsi Riau. Kepala BPTP Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk peningkatan produksi padi tentunya tidak hanya dengan mengandalkan perluasan areal, namun juga harus diimbangi dengan perbaikan teknologi. Menggunakan varietas unggul yang bermutu adalah salah satu komponen teknologi yang berperan besar dalam meningkatkan produktivitas.  

Salah satu komoditas yang beradaptasi di lahan-lahan kering suboptimal adalah padi gogo. Pengembangan padi gogo secara luas sering terkendala pada ketersediaan benih. Benih yang ada di petani tidak dapat dikomersialisasi karena tidak murni, belum terdaftar, dan belum dilepas sebagai varietas unggul. Melihat potensi ini, BPTP Riau menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam kegiatan pemurnian dan perbaikan karakter padi gogo spesifik lokasi Provinsi Riau dan saat ini sudah memasuki tahun ke 3. 

Sementara itu Kepala Dinas PTPH Provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk pengembangan pertanian di Provinsi Riau masih mengalami keterbatasan, seperti lahan tadah hujan dan pasang surut yang ada di Provinsi Riau yang sebagian besar tidak bisa dilakukan penanaman varietas-varietas unggul, pada MT II sebagian besar debit air tidak mencukupi dan pada lahan-lahan replanting masih terbatas dalam hal ketersediaan benih.

Menyikapi kondisi ini, Dinas PTPH Provinsi Riau berupaya untuk mengembangkan varietas padi gogo karena potensi lahan yang cukup besar seperti lahan replanting yang ada di Provinsi Riau sehingga kedepan diharapkan dapat tersedia benih yang tepat waktu, jumlah dan saran.

Pemulia (Periset BRIN) Dr. Parlin H Sinaga SP., MP pada kesempatan ini memaparkan dihadapan Gubernur Riau hasil kegiatan pemurnian dan perbaikan karakter padi gogo spesifik lokasi Provinsi Riau. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain seleksi galur murni, perbanyakan rumpun terpilih, uji multilokasi di enam lokasi pada dua musim, uji mutu gabah & fisikokimia beras dan uji ketahanan terhadap hama & penyakit sedangkan untuk proses pendaftaran di pusat PVT dan sidang pelepasan varietas masih dalam proses. 

Dalam arahannya Gubernur Riau menyampaikan bahwa sejak awal menjabat menjadi Gubernur Riau beliau berkomitmen untuk mengembangkan pertanian di Riau terutama di bidang pangan. Berbagai upaya dan strategi dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman pagan terutama padi antara lain mencegah alih fungsi lahan, peningkatan IP minimal dua kali, pemanfaatan lahan replanting sawit untuk padi gogo, dan lainnya.


Kolom Komentar

You must login to comment...