Cerita Cristin, Berbagi Tulus buat Warga Bogor Lewat Kopi Ikhlas

Jurnalis Pangannews

Selasa, 31 Oktober 2023 12:30 WIB

news
Kopi Ikhlas: Setiap Cangkir Penuh Arti. Cristin Barista berbagi kopi dengan tulus dan edukasi, bukan sekadar rasa. (Pangannews.id)

PanganNews.id, Bogor - Cristin Barista, perempuan asli Medan yang mahir meracik kopi pesanan pelanggan di stan kopi yang ada di Alun-Alun Kota Bogor.

Keahliannya dalam meracik menu andalan sangat terlihat, dan ia ramah mengantarkan secangkir kopi kepada wisatawan.

Cristin berbicara tentang Kopi Ikhlas, sebuah konsep berbagi kopi dengan tulus dan jenis racikan kopi yang telah ia kembangkan sejak 2017. Dalam enam tahun perjalanan di dunia kopi, ia telah berbagi lebih dari sekadar rasa kopi.

"Saya mendapatkan banyak biji kopi, dan saya ingin berbagi dengan orang lain. Awal mula ide Kopi Ikhlas adalah berbagi kopi dengan seikhlas hati, tanpa tekanan untuk membayar," kata Cristin.

Cristin menjelaskan bahwa Kopi Ikhlas lahir dari nilai-nilai kemanusiaan dan juga merupakan upaya untuk mengedukasi tentang kopi tanpa gula yang sejati.

"Saya ingin memberikan edukasi ini kepada berbagai kalangan, termasuk para pedagang kopi lokal di sekitar kami," tambah dia.

Ia menegaskan bahwa Kopi Ikhlas adalah usaha pribadi yang tidak berada di bawah naungan siapa pun. Stan kopi ini ditempatkan di berbagai acara di Bogor, Bandung, Jakarta, dan rencananya akan menjangkau daerah lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Cristin berharap Kopi Ikhlas dapat memberikan manfaat dan edukasi kepada para pecinta kopi tanpa menginginkan ketenaran.

"Intinya, saya ingin berbagi selama saya memiliki kopi, menambah teman-teman dalam komunitas, dan memberikan manfaat dengan edukasi. Ini bukan tentang nama saya, tetapi tentang berbagi dengan sukarela," tutupnya.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...