Pemkab Tangerang Dorong Kesadaran Lingkungan Lewat Aksi Bakti Sosial dan Penanaman Mangrove

Jurnalis Pangannews

Minggu, 26 November 2023 13:11 WIB

news
Pj Bupati Tangerang, Andi Ony, bersama Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, memperlihatkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan (Diskominfo Pemkab Tangerang)

PanganNews.id, Tangerang - Kegiatan bakti sosial dan penanaman mangrove dilaksanakan di Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang pada Sabtu, 25 November 2003.

Pj Bupati Tangerang, Andi Ony, bersama dengan Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, memperlihatkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami Pemerintah Kabupaten Tangerang, khususnya masyarakat daerah utara pantai Jawa, mengucapkan terima kasih atas kegiatan bakti sosial dan aksi penanaman mangrove ini," kata Andi Ony, Pj Bupati Tangerang.

"Semoga dapat menambah luasan wilayah hutan mangrove di Kabupaten Tangerang, khususnya di wilayah Pantura Kabupaten Tangerang," imbuh dia.

Menurut dia, penanaman mangrove tak hanya menjaga lingkungan tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Ini bukan hanya menjaga kelestarian lingkungan, tapi juga mendukung perekonomian masyarakat yang mengandalkan mangrove," tambahnya.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin mereka untuk menjaga keberlangsungan pantai dan laut.

"Kita sudah terlalu banyak mengambil manfaat dari laut tanpa memikirkan bagaimana menjaganya agar tetap produktif," ujarnya.

Fadil menegaskan pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga ekosistem laut dan kelestarian hutan mangrove untuk mencegah perubahan fungsi dan kerusakan lingkungan.

"Kita harus terus menggelorakan kegiatan tanam mangrove menjadi kegiatan yang rutin. Hari ini kita menanam 73.000 mangrove di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program nasional," paparnya.

Lebih lanjut, Fadil menggarisbawahi urgensi untuk mengembalikan fungsi kawasan hutan mangrove yang telah mengalami degradasi.

"Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan mangrove terluas di dunia, namun sekitar 60 persennya telah hilang atau mengalami degradasi," tambahnya.

Dalam menyambut HUT ke-73 Polairud, Fadil berharap agar semua pihak dapat bersama-sama memperjuangkan program blue karbon yang mengacu pada produksi oksigen dari hutan mangrove.

"Mari kita kembali fokus pada pemulihan hutan mangrove untuk menjaga keberlangsungan lingkungan," pungkas dia.

Penulis : Ajat Nicko
Editor : R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...