Percepat Perizinan dan Investasi Pertanian, PVTPP Kementan Luncurkan Aplikasi Ini

Jurnalis Pangannews

Selasa, 28 November 2023 17:15 WIB

news
Kegiatan Seminar daring PVTPP ON TALK Series #6 (Pangannews.id)

PanganNews.id, Jakarta - Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar seminar daring PVTPP On Talk di ASN Culture Fest pada Selasa 28 November 2023.

Seminar ASN Culture Fest ini menghadirkan Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc. (Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian) sebagai keynote speaker dan Denny Amrin, SP (Verifikator Pupuk) sebagai narasumber.

Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Leli Nuryati menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh hadirin dalam acara PTPP ONTALK ke-6. Dalam kesempatan ini, PVTPP menggarisbawahi peranannya dalam melindungi kualitas tanaman serta memberikan layanan perizinan petani.

Menurut Leli, fungsi utama PVTPP meliputi pelayanan perlindungan varietas tanaman, pendaftaran kualitas tanaman hasil pemuliaan dan lokal, serta pemberian perizinan pertanian.

"Dalam upaya mempercepat perizinan dan investasi pertanian, PVTPP telah meluncurkan aplikasi perijinan pertanian dan buku kinerja serta prospek investasi pertanian," kata dia.

Leli berharap aplikasi ini akan meningkatkan efisiensi layanan perijinan, sementara buku kinerja memberikan informasi terkait kebijakan investasi sektor pertanian.

Sementara itu, Verifikator Pupuk Denny Amrin menjelaskan, proses pendaftaran pupuk secara singkat dan memaparkan beberapa tips penting.

Menurut Denny, proses pendaftaran melalui aplikasi oss.co.id mengharuskan pemohon memahami jenis pupuk yang didaftarkan serta memenuhi syarat-syarat menteri pertanian.

"Pentingnya pengujian pupuk sebelum pendaftaran sangat ditekankan untuk memastikan kelancaran proses tersebut. Bahwa pemahaman yang baik terhadap jenis dan kualitas pupuk sangat krusial, agar proses pendaftaran tidak terhambat," ujar dia.

Dalam konteks ini, Denny menyarankan agar calon pelaku usaha pupuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang jenis pupuk yang akan didaftarkan. 

"Hal ini dianggap sebagai kunci utama untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar tanpa kendala di lapangan," tuntas Denny.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...