Kurangi Sampah dan Genjot Budidaya, Saluran Irigasi di Bogor Disulap jadi Kolam Ikan

Jurnalis Pangannews

Rabu, 29 November 2023 14:14 WIB

news
Kolam ikan yang dulunya merupakan saluran irigasi di Kampung Cimanggu, Kabupaten Bogor (Pangannews.id)

PanganNews.id, Bogor - Kampung Cimanggu RT 15, RW 2, Desa Cimanggu 2, Kecamatan Cibungbulang, kabupaten Bogor, kini memiliki kolam ikan yang dulunya merupakan saluran irigasi. 

Langkah ini diambil untuk mengurangi sampah dan mendukung budidaya ikan nila. Saat ikan sudah cukup besar, dijual dengan harga di bawah pasar kepada masyarakat.

Saluran irigasi di Kampung Cimanggu sebelumnya penuh dengan sampah dan limbah rumah tangga, yang seharusnya mengalir ke pesawahan. Kepala Desa Cimanggu 2, Edi Sukarya, merasa prihatin dan mengajak warga membersihkan saluran tersebut. Hasilnya, kini saluran irigasi tersebut menjadi tempat budidaya ikan nila yang bersih.

"Awalnya aliran ini penuh sampah, padahal harusnya mengalir ke sawah. Kita ingin airnya bersih. Pada Juli 2023, kami membersihkan limbah dengan kerja bakti warga," kata Edi Sukarya, Rabu, 29 November 2023.

Kolam penangkaran ikan awalnya hanya sepanjang 20 meter, tetapi karena antusiasme warga, Pemdes Cimanggu 2 akan memperluasnya menjadi sekitar 350 meter. Dengan jaring di bagian ujung aliran, ikan nila tetap berkumpul di kolam. Jumlah ikan nila telah berkembang pesat dari puluhan bibit menjadi ribuan ekor.

Ketika ikan sudah cukup besar, mereka dipanen dan hasil penjualannya digunakan untuk membantu perekonomian warga sekitar. Kehadiran kolam ikan ini terbukti meningkatkan pendapatan masyarakat.

Edi Sukarya berharap Kampung Cimanggu, yang menjadi bagian dari Desa Cimanggu 2, dapat menjadi destinasi wisata edukasi budidaya ikan nila. Dia ingin pendatang bisa melihat, memberi makan, bahkan membeli ikan segar di lokasi tersebut.

"Dengan saluran irigasi yang bersih, lingkungan menjadi lebih sehat karena airnya bebas dari sampah rumah tangga. Ikan yang dibudidaya di aliran ini juga tumbuh lebih cepat, mempercepat proses panen bagi warga," tambahnya.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...