UGM Meluncurkan Smart Agri Plant Factory: Revolusi Pertanian Ramah Lingkungan

Jurnalis Pangannews

Kamis, 29 Pebruari 2024 18:01 WIB

news
Fasilitas perkebunan hidroponik dan kecerdasan buatan, Smart Agri Plant Factory di FTP UGM Yogyakarta.

PanganNews.id, YOGYAKARTA- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah meresmikan "Smart Agri Plant Factory", sebuah terobosan canggih untuk pertanian modern yang ramah lingkungan. 

Menurut Koordinator penelitian di Smart Agriculture Research, Andri Prima Nugroho, fasilitas ini tidak hanya menjawab kebutuhan solusi pertanian inovatif, tetapi juga adaptif dengan pemanfaatan teknologi tanpa tanah.

"Ini memungkinkan pertanian dilakukan di dalam ruangan, terlindung dari variabilitas cuaca dan tantangan lingkungan eksternal," ungkap Andri, Kamis 29 Februari 2024.

Dilengkapi dengan fasilitas perkebunan hidroponik dan kecerdasan buatan, Smart Agri Plant Factory di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM Yogyakarta dapat memperkirakan pertumbuhan tanaman, panen, serta diagnosis kesehatan tanaman secara akurat.

"Teknologi ini menjadi wahana riset dan pengembangan teknologi pertanian terkini," tambahnya.

Menurut Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM, Prof Lilik Sutiarso, Smart Agri Plant Factory bukan sekadar inovasi, melainkan revolusi dalam melihat dan mengelola produksi pangan di masa depan.

"Dengan solusi cerdas dan berkelanjutan, kami berharap dapat berkontribusi nyata dalam mengatasi masalah keamanan pangan global dan mitigasi perubahan iklim," ujar Prof Lilik, menegaskan pentingnya terobosan ini.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...