Pemkab Pasuruan Dorong Pelaku Perikanan dan Peternakan untuk Pahami Digitalisasi

Jurnalis Pangannews

Jumat, 01 Maret 2024 12:00 WIB

news
Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto

PanganNews.id, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten Pasuruan meminta para pelaku Perikanan dan Peternakan di wilayahnya untuk lebih peduli terhadap penggunaan teknologi ditalisasi. 

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menjelaskan, pengembangan sektor perikanan dan peternakan harus diiringi dengan kemampuan penggunaan teknologi saat ini.

Karenanya, orang-orang yang terlibat di dalamnya harus menyikapi itu dengan  penguasaan literasi digital dan lebih adaptif terhadap cepatnya perubahan sosial ekonomi.

"Kita hidup di masa revolusi digital. Bukan hanya 4.0 dan 5.0 saja, tapi sudah di dunia disrupsi. Sehingga dunia itu terlalu sempit dan terlalu dekat. Maka saya titip, digital platform itu sangat penting sekali karena sekarang sudah tidak terelakkan," kata Andriyanto, Jumat 29 Februari 2024.

Menurutnya, penguasaan kemampuan digital platform sangat penting dimiliki. Tidak hanya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan saja, melainkan juga bagi penyuluh dan peternak.

"Bahwa ketika kompetitor kita berlari, maka kita akan berlari. Ketika kompetitor melihat kita berlari, maka mereka sudah melompat. Karena itu dibutuhkan kecakapan digital. Semuanya harus berbasis inovasi dengan 4 unsur yang harus dipenuhi. Pertama, harus berbasis riset, penelitian. Kedua, inovasi harus ada kebaharuan, novelty. Ketiga, harus ada manfaat, benefit dan berdampak untuk masyarakat," jelasnya.

Andriyanto mencontohkan, jika sebelumnya kegiatan sosialisasi program kegiatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan lebih banyak dilakukan secara tatap muka, maka ada opsi lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan media sosial. Hasilnya, sudah barang tentu akan jauh lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Terlebih saat ini eranya serba visual.  

Karenanya, dia mengajak semua untuk memanfaatkan dengan baik kekuatan media sosial untuk meningkatkan produktivitas Perikanan dan Peternakan.

"Bantulah mengkomunikasikan hasil peternakan kepada masyarakat. Misalnya, daging dan telur berkualitas yang bisa jadi belum banyak orang yang mengetahuinya. Atau lakukan program pendampingan untuk memasukkan hasil hilirisasi produk peternakan di platform e-commerce misalnya, untuk kemudian kita sebarkan melalui media sosial kita," tandasnya.

Penulis : Egi Abdul Mugni 
Editor : R Muttaqien 


Kolom Komentar

You must login to comment...