Petani Jingkang Sumedang Gencar Kembangkan Usaha Penangkaran Benih Kencur Varietas Galesia 3

Jurnalis Pangannews

Kamis, 18 April 2024 15:01 WIB

news
Pengembangan usaha benih kencur. (istimewa)

PanganNews.id, Sumedang- Petani di wilayah Desa Jingkang, Sumedang, Jawa Barat, telah memulai langkah strategis dengan mengembangkan usaha penangkaran benih kencur varietas Galesia 3.

Benih berkualitas ini kini tersedia secara online dengan harga standar e-Katalog sebesar Rp 35.000,- per kilogram.

Menurut Beben (43), seorang produsen kencur dari Dusun Cicae Desa Jingkang, inisiatif untuk mengembangkan usaha penangkaran benih ini telah dimulai beberapa bulan lalu.

"Selain bertani kencur, kami bersama para petani di sini kini mencoba mengembangkan usaha penangkaran benih kencur varietas Galesia 3," ujarnya Kamis, 18 April 2024.

Pengembangan ini dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para petani kencur. Menurut Beben, harga jual benih kencur jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan kencur biasa. 

"Kalau kencur biasa harganya hanya sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 17.000,- per kilogram. Sedangkan benih kencur, harganya di atas Rp 35.000,- per kilogram," paparnya.

Beben berharap usaha pengembangan benih kencur ini dapat mengembalikan kejayaan kencur Jingkang dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Penulis: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...