Upaya Transformasi Pasar Jambu Dua Bogor Jadi Pusat Belanja Modern

Jurnalis Pangannews

Jumat, 17 November 2023 19:32 WIB

news
Komisi II DPRD Kota Bogor melaksanakan sidak ke lokasi pembangunan pasar Jambu dua Bogor (Nicko: Pangannews.id)

PanganNews.id, Bogor - Komisi II DPRD Kota Bogor melaksanakan sidak ke lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang Pasar Jambu Dua dan pembangunan pasar modern Jambu Dua, Kecamatan Tanah Sareal pada Kamis 16 November 2023.

Hasilnya, Komisi II mendorong agar pedagang dari Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor beralih ke Pasar Modern Jambu Dua yang sedang dibangun.

Dewan memperkirakan bahwa Pasar Modern Jambu Dua akan menjadi sebuah pusat perdagangan yang modern, dengan bangunan yang megah, bersih, dan menawarkan harga yang kompetitif bagi para pedagang.

Penghargaan diberikan kepada PT Bogor Artha Makmur (BAM) yang membangun pasar ini, dapat menampung hingga 1.141 pedagang. Kios-kios Pasar Modern Jambu Dua ini akan diperuntukkan bagi sekitar 800 pedagang dari Pasar Bogor dan sekitar 300 pedagang lama dari Pasar Induk Jambu Dua.

Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor Anita Primasari Mongan menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan menunjukkan kesiapan para pedagang Pasar Bogor untuk beralih ke Pasar Jambu Dua.

Legislator juga menanyakan tentang tenggat waktu pembangunan.

"Setelah pemeriksaan, kami menemukan bahwa pembangunan akan selesai pada Desember 2023. Semua pedagang diharapkan dapat beralih paling lambat bulan Januari 202," kata dia.

"Kami juga memeriksa pendaftaran pedagang, dan dari 1.141 kapasitas yang tersedia, baru 300 lebih yang mendaftar. Kami mendorong Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) agar para pedagang segera mendaftar," imbuh dia.

Anita juga menyebut bahwa mereka telah menampung keluhan pedagang, terutama terkait jarak pindah dari Pasar Bogor. Namun, ia menekankan bahwa proses pembayaran DP kios sangat ringan dan fleksibel. Beberapa bank juga siap untuk mendukung pedagang dalam mengambil kios.

"Tinggi bangunan yang tidak pengap, sirkulasi udara yang baik, lantai dasar ditinggikan 80 sentimeter dari bibir sungai, dan ada pembatas dengan bibir sungai untuk mencegah banjir. PKL juga akan ditangani dengan pembatas tembok untuk memastikan keamanan," jelasnya.

Mengenai struktur bangunan, Anita menuturkan bahwa detail teknis akan dijelaskan oleh Komisi III. "Semua sisi merupakan bagian depan, jadi sekelilingnya sama saja. Atas dan bawahnya juga serupa," tambah Anita.

Sementara itu, Direktur PT. Bogor Artha Makmur (BAM), MH Ages, mengungkapkan bahwa progres pembangunan lantai dasar Pasar Jambu Dua diharapkan selesai pada Desember 2023 agar pedagang Pasar Bogor dapat segera pindah.

Saat ini, pembangunan telah mencapai 58 persen dan ditargetkan mencapai 85 persen pada Desember 2023, sehingga sudah dapat diisi oleh pedagang.

"Akses yang disediakan akan memudahkan pedagang emas, keringan, sayur, dan pedagang lainnya dari Pasar Bogor untuk beralih ke sini. Kami juga bekerja keras sesuai perintah wali kota agar pembangunan selesai tepat waktu," jelas Ages

"Drainase yang baik disediakan di setiap los dan kios. Kami berusaha menjadikan pasar ini sebagai percontohan dengan memprioritaskan kenyamanan pedagang," tutup dia.

Reporter: Ajat Nicko
Editor: R Muttaqien


Kolom Komentar

You must login to comment...