KKP Bakal Tempatkan 103 Lulusan Sekolah Menengah Kementerian untuk Kerja di Luar Negeri 

Jurnalis Pangannews

Selasa, 11 Juni 2024 11:00 WIB

news
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat mewisuda para lulusan tersebut pada kegiatan Wisuda Nasional SUPM Tahun Pelajaran 2023/2024 di Kampus SUPM Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (7/6/2024). (DOK. Humas Kementerian KP)

PanganNews.id, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menempatkan sebanyak 103 dari 300  lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) untuk bekerja di luar negeri. 

Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono memaparkan, 103 lulusan itu dikerjakan di luar negeri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ungguldalam mencapai keberhasilan program dan kebijakan ekonomi biru. 

“Kualitas SDM harus mendapatkan prioritas utama untuk ditingkatkan dan dikembangkan," ujarnya.

Trenggono mengatakan, arah kebijakan pendidikan menengah vokasi di lingkup Kementerian KP diutamakan untuk meningkatkan kualitas SDM terampil, unggul, berintegritas, produktif, kreatif, inovatif, dan bertalenta global.

Dalam hal ini, mereka akan dibekali kemampuan pada bidang kelautan dan perikanan dengan penguatan karakter dan kedisiplinan. 

 "Lulusan satuan pendidikan kelautan dan perikanan harus dapat dimanfaatkan negara, baik di pemerintahan maupun di dunia usaha dan di dunia industri,” katanya dalam siaran pers.  

Trenggono juga mengatakan, lulusan satuan pendidikan (satdik) KP juga dapat menciptakan peluang usaha yang luas serta menghasilkan produk kompetitif yang bisa diterima secara nasional maupun global. 

Adapun lulusan yang bekerja di dalam negeri terdiri dari 31 orang bekerja di industri, 29 orang melakukan rintisan wirausaha bidang kelautan dan perikanan, dan 51 orang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Dengan terserapnya para wisudawan di luar negeri, beberapa di antara lulusan tersebut tidak dapat mengikuti prosesi wisuda karena telah bekerja di industri dalam dan luar negeri.  Oleh karenanya, para lulusan yang dapat menghadiri prosesi wisuda secara luring sebanyak 308 orang.

Penulis: Egi Abdul Mugni 
Editor : R Muttaqien 


Kolom Komentar

You must login to comment...